Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menyerahkan hasil perolehan suara dan data pemilih terakhir Pemilu 2019 kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu DKPP RI, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Partai Politik peserta Pemilu 2019, Rabu (29/9/2021).

Penyerahan hasil perolehan suara dan data pemilih terakhir Pemilu 2019 mengacu Pasal 14 huruf (k) Undang-Undang 7 Tahun 2017, yang mewajibkan KPU menyerahkan data hasil pemilu kepada partai politik dan pemerintah. “Data yang disampaikan berupa data hasil perolehan suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan Data Pemilih Terakhir Pemilihan Umum Tahun 2019,” ucap Ketua KPU RI Ilham Saputra saat menyampaikan kata sambutan.

Selain menyerahkan data hasil Pemilu 2019, pada kesempatan itu Ilham juga secara resmi meluncurkan portal open data (www.opendatadev.kpu.go.id). Portal yang dapat diakses masyarakat umum ini diharapkan dapat membantu publik memperoleh data kepemiluan yang selanjutnya dapat diolah dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Sementara itu Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar menyambut baik penyerahan data hasil Pemilu 2019 sebagai upaya memberikan sumbangsih bagi bangsa, khususnya dalam menyiapkan tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024. “Termasuk ini jadi tantangan, karena kalau melihat capaian penyelenggara 81 persen itu melebihi capaian pembangunan nasional. Nah bagaimana dengan 2024, apakah bisa melampaui, ini sekaligus jadi tantangan kita semua,” ujar Bahtiar.

Menurut Bahtiar penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024 rumit, namun begitu pemerintah optimis penyelenggara pemilu dapat melaksanakan tugas konstitusi ini dengan baik. “Pilkada dengan jumlah pemilih besar juga dan diacungi jempol oleh banyak negara. Saya sendiri mendampingi Mendagri menerima duta besar dan menyampaikan apresiasi tinggi,” ungkap Bahtiar.

Hadir Anggota KPU RI Viryan, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Pramono Ubaid Tanthowi, Evi Novida Ginting Manik, Arief Budiman serta Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno.Selain itu hadir Anggota Bawaslu RI M Afifudin, Anggota DKPP RI Alfitra Salamm serta Kepala ANRI Imam Gunarto.

Sumber : kpu.go.id

Previous articleKomisi II Setujui Pagu Anggaran KPU 2022
Next articlePelaksanaan Sosialisasi Kegiatan Aktualisasi Latsar CPNS di KPU Kota Jakarta Timur