Oleh Rivandi

Dalam pelaksanaan proyek perubahan, sangat penting untuk mengetahui siapa saja stakeholder yang memiliki kepentingan dan pengaruh terhadap proyek perubahan yang akan dilakukan, apakah mereka menunjukkan sikap mendukung, tidak peduli atau menolak. Untuk itu perlu melakukan analisis stakeholder, yaitu dengan memetakan posisi stakeholder terhadap program yang akan dirancang/dijalankan.

Dengan pemetaan tersebut diharapkan dapat memperoleh manfaat antara lain 1. Memunculkan rasa memiliki terhadap proyek perubahan, 2. Mendapatkan gambaran lebih jelas tentang potensi kesulitan, 3. Mendapatkan lebih banyak gagasan pengembangan dan implementasi proyek perubahan, 4. Mendukung/memperkuat posisi jika ada penolakan terhadap program, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan proyek perubahan.            

Hari Selasa (15/10/2019), Kasubag Hukum, Rivandi berkoodinasi dengan pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta yaitu Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta (Betty Epsilon Idroos), Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta (Partono), Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta (Muhaimin), Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta (Nurdin), Sekretaris KPU Provinsi DKI Jakarta (Martin Nurhusin), dan para Kepala Bagian KPU Provinsi DKI Jakarta (1. Binsar Siagian, 2. Suharyono dan 3. Saono).

Rivandi sedang memaparkan Aplikasi SIDOKUH bersama Ketua KPU Prov DKI Jakarta Ibu Betty Epsilon Idroos.
Rivandi sedang berkoordinasi dengan Komisioner Prov DKI Jakarta Bpk Partono
Rivandi sedang menjelaskan fitur-fitur aplikasi SIDOKUH bersama Komisioner Prov DKI Jakarta Bpk Nurdin
Rivandi bersama Komisioner Prov DKI Jakarta, Bpk Muhaimin
Rivandi sedang menjelaskan tampilan Lay Out aplikasi sidokuh bersama Sekretaris KPU Prov DKI Jakarta Bpk Martin Nurhusin

Rivandi mengenalkan proyek perubahan yaitu aplikasi SIDOKUH. Dari pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta, merespon positif proyek perubahan ini untuk dijalankan. Para pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta memberikan masukan untuk pengembangan dan implementasi aplikasi SIDOKUH diantaranya :

  1. aplikasi SIDOKUH harus openness dan mendukung reformasi birokrasi;
  2. dimasukkan karikatur dan visualisasi diperbanyak;
  3. foto KPU Jaktim yang ditampilkan jangan kaku;
  4. tulisan di aplikasi dirubah jadi lebih menarik;
  5. untuk data keterbukaan dimasukin juga RKAKL KPU Kota Jaktim beserta revisinya;
  6. juknis/juklas jika ada juga dimasukin;
  7. ditampilkan juga fitur surat masuk;
  8. untuk UU ditampilkan di fitur di atas PKPU;
  9. ditampilkan info Pemilu untuk bagian Hukum;
  10. Kalender kegiatan juga ditampilkan;
  11. yang ditampilkan tidak hanya produk hukum yang sudah jadi, tapi kalau bisa ada template, contoh template SK, BA;
  12. DIPA KPU Kota Jaktim juga ditampilkan.

Kasubag Hukum, Rivandi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan KPU Provinsi DKI Jakarta atas masukan-masukan untuk aplikasi SIDOKUH. Untuk semua masukan, akan dibahas dengan tim efektif proyek perubahan. Dalam jangka pendek, semoga aplikasi SIDOKUH ini dapat diimplementasikan dan bermanfaat di KPU Kota Jakarta Timur.

 

Previous articlePENYUSUNAN LAY OUT/TAMPILAN APLIKASI SIDOKUH
Next articleKUNJUNGAN MAHASISWA SEJARAH UNJ KE RPP KPU KOTA JAKARTA TIMUR