Jakarta (19/08/21), Komisi Pemilihan Umum melalui tim-nya berhasil menghalau perentas yang telah membuat websitenya tumbang beberapa waktu lalu. Berdasarkan pemantauan website telah berjalan normal kembali kurang dari 24 jam, dan telah mengunggah beberapa berita yang telah dinantikan oleh para pecandu informasi.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu website resmi KPU Kota Jakarta Timur yaitu jakartatimur.kpu.go.id telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kronologis kejadian tersebut tepatnya pada hari Selasa, tanggal 17 Agustus 2021 pukul 21.30 WIB pegawai kami membuka website jakartatimur.kpu.go.id untuk membaca berita, namun ternyata halaman berita website tidak bisa kebuka dan terlihat sebuah gambar animasi dan tulisan “Hack By Clan_X7” serta beberapa tulisan lainnya. Melihat kemungkinan halaman website telah diretas, pegawai tersebut melaporkan ke Ketua KPU Kota Jakarta Timur, Wage Wardana dan Sekretaris KPU Kota Jakarta Timur, Henny Rachmi.

Dengan ketenangan, Pimpinan segera dilakukan koordinasi dengan Admin Website jakartatimur.kpu.go.id yang ada di subbagian Teknis Pemilu dan Hupmas untuk segera ditindaklanjuti kejadian tersebut. Hasil pengecekan dipastikan peretasan tidak menimbulkan dampak yang parah sehingga dapat diatasi dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Selanjutnya website resmi KPU Kota Jakarta Timur dapat berjalan normal dan menyajikan berita-berita terkini dan yang menjadi trending topik di jagad maya.

Selanjutnya Wage Wardana selaku Ketua KPU Kota Jakarta Timur berpesan kepada seluruh pegawai untuk tetap bekerja secara profesional dan berintegritas terutama dalam menanggapi berbagai issue politik dan demokrasi yang semakin berkembang di masyarakat (red).

 

Previous articleMengacu UU, Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024
Next articleKPU, Bawaslu dan Komisi II sepakat Tahapan Pemilu 2024 dimulai Januari 2022