Pelaksanaan Sosialisasi Kegiatan Aktualisasi Latsar CPNS di KPU Kota Jakarta Timur

Jakarta, jakartatimur.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur berkomitmen untuk terus mendukung program peningkatan kompetensi para pegawai. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh CPNS KPU Kota Jakarta Timur, Rabu (6/10/2021).

Judul yang dibahas dalam sosialisasi tersebut adalah Pembuatan Buku Surat Online di Lingkungan KPU Kota Jakarta Timur dan diikuti oleh seluruh pegawai internal. Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk kegiatan aktualisasi yang dirancang oleh CPNS bersama mentor untuk memenuhi syarat kelulusan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2021.

“Gagasan yang sudah disampaikan ini sudah cukup bagus, karena memang sistem penomoran surat di KPU Jakarta Timur ini masih manual. Semoga ke depannya, buku surat online ini bisa segera diaplikasikan karena saya lihat, memang lebih efektif dan efisien,” kata Rivandi selaku Sub Koordinator Hukum Kota Jakarta Timur.

Selain itu, terdapat beberapa saran dan masukan yang diajukan pada saat sosialisasi tersebut salah satunya adalah masukan dari Sekretaris KPU Kota Jakarta Timur, Henny Yudhi Rachmi.

“Nanti dipelajari lagi terkait pemilahan klasifikasi surat masuk dan keluar. Karena setau saya, pernah ada aturan untuk membendel surat yang saling berkaitan. Jadi kalau ada surat tindak lanjut yang membutuhkan jawaban itu dijadikan satu bendel,” saran Henny.

Perlu diketahui bahwa, KPU Kota Jakarta Timur memiliki satu orang CPNS yang ditempatkan di Sub Koordinator Umum bernama Hestin Nurindah Lestari. Saat ini, Hestin sedang mengikuti kegiatan Latsar dan sudah sampai pada tahap habituasi di satuan kerja.

Di tahap habituasi, Hestin akan belajar mengenai isu permasalahan yang sedang terjadi di satuan kerja. Dalam hal ini, isu permasalahan yang menjadi prioritas utama adalah sistem penomoran surat di KPU Kota Jakarta Timur yang masih bersifat manual.

Permasalah ini nantinya akan diselesaikan dengan pembuatan buku surat online yang merupakan inovasi baru dari Hestin. Dalam pembuatan buku surat online, Hestin telah merancang beberapa tahapan kegiatan yang nantinya akan dikaitkan dengan nilai-nilai dasar PNS serta kedudukan dan peran PNS dalam NKRI.

Previous articleJalankan Perintah UU, KPU Serahkan Hasil Pemilu 2019
Next article3 (tiga) Asas Norma Hukum